Responsive Advertisement

Perbedaan Komputer Versi 32-Bit dengan 64-Bit


Perbedaan 32-Bit dengan 64-Bit - Pada jaman ini, perkembangan komputer sangatlah cepat. Bahkan kita sering melihat sistem operasi berbasis 32-bit atau 64-bit. Kita juga membutuhkan software yang cocok untuk dijalankan di sistem operasi. Biasanya, software tersebut membutuhkan spesifikasi 32 atau 64 bit.

Istilah 32-bit dan 64-bit adalah satuan angka yang ditujukan untuk kemampuan Prossesor PC atau CPU untuk menangani berbagai bit informasi yang ada di dalam sistem operasi atau komputer. Lebih jelasnya, jumlah bit itu apa sih?

Pengertian jumlah bit
Jumlah bit adalah satuan yang digunakan untuk menunjukkan ukuran data dalam prossesor yang dialirkan dari registry database. Resgistry yaitu tempat penyimpanan informasi komputer untuk sementara.

Dalam satu bit terdiri dari dua nilai dasar komputasoi, angka 0 dan 1. Sistemnya, dalam 32-bit mampu menampung hingga 64 nilai komputasi. Sedangkan untuk 64-bit, nilai komputasi dapat ditampung menjadi 4 kali lebih banyak yaitu 256.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit
Dalam penggunaan RAM (Random Access Memory), sistem operasi 32 bit hanya mampu menggunakan RAM berkapasitas 4 GB dan dapat berjalan optimal pada RAM 1 sampai 2 GB. Jika kamu menggunakan sistem operasi 32-bit pada RAM lebih dari 4 GB, sistem operasi atau komputer hanya akan membaca RAM 4 GB.

Perbedaan 32-bit dengan 64-bit sangatlah jauh, versi 64-bit dapat menjalankan RAM berkapasistas besar. Batasan pemakaian maksimal RAM yang dibaca sistem operasi 64-bit adalah 192 GB. Sistem ini cocok untuk digunakan banyak pekerjaan berat pada komputer seperti rendering, membuat animasi, menjalankan banyak program, dan bermain game yang mempunyai spesifikasi tinggi.

Selain itu, versi 64-bit sudah dilengkapi dengan fitur patchguard. Fitur ini memiliki peran untuk mencegah malware atau virus jahat yang mencoba mengubah setting pada sistem operasi.

Kelebihan dan kekurangan versi 32 bit dan 64 bit
Jika kita lihat, perbedaan antara 32-bit dan 64-bit sangatlah jauh. Akan tetapi, kedua versi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurang tersendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan versi 32-bit
1. Mempunyai kemampuan komptaibel untuk software atau aplikasi yang sudah lama untuk PC ataupun laptop keluaran lama.
2. Dapat bekerja optimal meskipun RAM hanya 2 GB.
3. Driver lama sangat kompatibel dengan versi ini.

Kekurangan versi 32-bit
1. Tidak mampu menggunakan RAM lebih dari 4GB.
2. Tidak dapat menjalankan software atau game berat.
3. Hanya beberapa software terbaru yang kompatibel dengan versi 32-bit.

Kelebihan versi 64-bit
1. Kinerja prossesor lebih cepat dan optimal.
2. Lebih kompatibel untuk semua software dibandingkan 32-bit.
3. Sangat berguna untuk software terbaru.
4. Lebih cepat dalam menjalankan program berat.
5. Dapat digunakan untuk rendering, editing, dan gaming.

Kekurangan versi 64-bit
1. Tidak kompatibel dengan software lama.
2. Driver lama tidak kompatibel dengan versi ini.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu yang mempunyai sistem operasi dari kedua versi tersebut. Penggunaan RAM dan kinerja prossesor sangat berpengaruh dari versi yang kamu gunakan.