Responsive Advertisement

Perbedaan RAM dan ROM Pada Komputer

perbedaan ram

Komputer memiliki memori yang berguna untuk banyak hal. Memori RAM adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi sebelum atau sesudah di proses oleh processor yang sedang bekerja. Informasi yang didapat dapat berbentuk perintah atau data-data. Biasanya tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan di mana ruang tempat penyimpanan memiliki alamat tersendiri berupa nomor yang menunjukkan lokasi dalam memori.

Hal yang membedakan antara memori yaitu RAM (Random Access Memory) sebagai memori internal dan ROM (Read Only Memory) sebagai memori eksternal. Berikut perbedaan yang dapat dijelaskan dibawah ini.

Fungsi RAM dan Pengertiannya
RAM (Random Access Memory) merupakan memori yang berfungsi menyimpan sementara dan data pada saat sebuah program sedang dijalankan. Perintah dan data tersebut di simpan sebagai data sementara kemudian dibaca dari harddisk, data-data dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data hasil yang sudah diproses oleh program.

Fungsi ROM dan Pengertiannya
ROM (Read Only Memory) merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Komputer hanya dapat membaca data yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat merubah data dan perintah pada ROM.

Perbedaan RAM dan ROM

  1. RAM (Random Access Memory) dapat bekerja ditulis dan dibaca sedangkan ROM (Read Only Memory) tidak dapat.
  2. RAM (Random Access Memory) hanya menyimpan data sementara sedangkan ROM (Read Only Memory) menyimpan data secara permanen.
  3. Data pada RAM disini oleh pengguna komputer sedangkan data yang ada di dalam ROM diisi oleh pabrik.


Itulah perbedaan dari RAM dan ROM yang dapat kalian ketahui. Meskipun secara fungsi sama yaitu menyimpan data, tetapi proses dari RAM dan ROM sangat berbeda. Jika penggunaan RAM terlalu sering digunakan oleh proses sistem yang sedang berjalan maka kinerja sistem operasi akan berkurang. Sedangkan jika bertambahnya ROM maka penyimpanan data yang telah ada akan tidak bisa ditambah dengan data baru.