Responsive Advertisement

Mengenal Sejarah Bahasa Pemrograman PHP

kakodingblogspot-php

Halo semua, bahasa pemrograman itu sangat luas dan memiliki banyak kegunaan yang berbeda-beda dalam segi pemanfaatan, pemodelan, dan lainnya. Bahasa pemrograman yang sekarang banyak digandrungi banyak programmer yaitu bahasa pemrograman yang berkaitan dengan Android dan Mobile Apps. Namun, terlepas dari bahasa pemrograman yang berkaitan dengan smartphone, bahasa pemrograman PHP yang memiliki ciri khas yang berbeda dari semua bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang masih sangat disukai oleh programmer untuk membuat program atau software. Banyak perusahaan yang berdiri dibidang teknologi maupun bidang usaha kecil menggunakan teknologi bahasa pemrograman php. Pada tahun berdirinya bahasa pemrograman PHP mempunyai kependekan dari Personal Home Page dalam artian Situs Personal. Bahasa pemrograman PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted yang digunakan untuk mengolah data formulir situs. 

Pada awal November 1997, telah dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada awal tahun 1997, sebuah perusahaan yang bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Lalu pada bulan Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan telah merilis sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP telah berubah menjadi akronim berulang yaitu Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend telah merilis interpreter PHP baru dan telah dikenal sebagai PHP 4.0 yang merupakan versi PHP yang paling banyak digunakan pada awal abad ke-21. Pada versi ini, banyak dipakai sebab kemampuan serta kompleksitas dalam membangun aplikasi web memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi. 

Pada bulan Juni 2004, Zend telah merilis PHP 5.0 yang terbaru. Dalam versi ini, interpreter PHP mengalami perubahan besar. Pada versi ini juga memiliki model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. Pembaruan yang telah terjadi pada versi 5.4 untuk mempermudah pengembang menjalankan kode PHP tanpa harus menginstal alat pendukung perangkat lunak.

Bahasa pemrograman PHP versi terbaru saat ini dan stabil untuk dapat digunakan memiliki versi PHP 7.4.4 yang telah dirilis pada situs PHP pada tanggal 19 Maret 2020 ini.