Responsive Advertisement

Mengenal Tentang USB dan Kegunaannya


Pasti kebanyakan orang sudah sering mendengar kata USB. kata itu sangat tidak asing di terrrlinga kita dan bisa saja kita membutuhkan itu setiap harinya. Tetapi, masih banyak yang belum mengetahui USB itu dan apa saja kegunaannya. Bahkan terkadang kita menyamakan USB dengan Flash Disk.

Pengertian USB

USB itu adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB bisa dibilang standart interface sebuah device. USB juga berfungsi menghubungkan port komputer. Port USB adalah teknologi yang dibuat untuk menghubungkan berbagai alat eksternal seperti scanner, printer, mouse, flash disk, keyboard, dan berbagai macam alat yang support USB.

Biasanya pada komputer atau laptop, minimal mempunyai dua port USB yang dapat digunaan untuk menghubungkan berbagai macam peralatan yang support USB ke dalam komputer atau laptop. Tetapi, di jaman sekarang port USB kebanyakan memakai 3 port sehingga kita dapat menggunakan lebih banyak peralatan dibandingkan sebelumnya.

Jenis-jenis USB

Ada tiga jenis atau macam generasi perkembangan teknologi USB yaitu:

1. USB 1.0
Pengertian USB 1.0 adalah teknologi USB yang diluncurkan pada bulan Januari 1996. Kecepatan USB hanya sebesar 1.5 Mbit.

2. USB 2.0
Pengertian USB 2.0 adalah perkembangan dari USB 1.0 dan mulai ada pada bulan April tahun 2000. Kecepatan pengiriman data bisa mencapai 480 Mbit lebih cepat dibandingkan generasi pertama.

3. USB 3.0
Perkembangan USB ini adalah yang paling baru dan yang sekarang paling kita gunakan. Kecepatan pengiriman data dapat mencapai 10x lebih cepat dibandingkan generasi kedua.

Pengertian USB Flash Drive

USB Flash Drive adalah teknologi paling baru dari USB. Teknologi ini adalah penyimpanan atau memori yang memiliki kapasitas yang besar namun berbentuk yang mungil atau kecil. Flash Drive Memilliki kapsitas yang berbeda-beda sesuai kebutuhan pemakaian.

Manfaat USB Flash Drive yang Harus Kalian Tahu

Kegunaan USB Flash Drive biasanya hanya untuk tempat penyimpanan file-file. Padahal banyak kegunaan dari Flash Drive sendiri. Diantaranya dapat kalian manfaatkan dengan berbagai macam aktifitas diantaranya.

1. Sebagai Tempat Penyimpanan Data
Biasanya orang sering sekali menggunakan Flash Drive sebagai media tempat penyimpanan data yang aman karena ukurannya dan mudah dibawa kemana saja. Kapasitas dari Flash Drive pun beragam dan yang tersedia saat ini adalah 2 Gb, 4Gb, 8Gb, 16Gb, 32Gb, 64Gb, bahkan sampai 128Gb.

2. Memutar Lagu Mp3
Hal ini juga masih sering dilakukan banyak orang. Dengan kita memasukkan lagu-lagu apalagi kesukaan kita, musik akan langsung segera diputar. Kamu juga dapat memainkannya pada laptop dan komputer.

3. Menyimpan Dokumen Penting
Biasanya hal ini dilakukan ketika kamu lagi buru-buru untuk menyimpan dokumen penting ketika tidak memakai laptop ataupun komputer. Jika keadaan mendadak, kamu dapat menyimpannya dengan Flash Drive dan menyimpannya kembali kedalam laptop ataupun komputer.

4. Penggunaan Password
Sering sekali pengguna Flash Drive tidak mengetahui tentang penggunaan password. Jika kamu pengguna Flash Drive, kamu pasti mau file-file didalamnya aman dan tidak ada yang bisa membukanya selain kamu.

5. Sebagai Booting Sistem Operasi
Jika kamu membutuhkan install ulang, Flash Drive dapat kamu operasikan sebagai alat bootable. Biasanya format untuk bisa bootable Flash Drive harus .img atau .iso. Banyak sekali yang menggunakan metode ini karena pengoprasiannya mudah dan cepat.

Dengan adanya Flash Drive, kamu tidak perlu khawatir dengan tempat penyimpanan file karena mudah dibawa dan aman.